Berita

Ribuan Warga MAN 2 Kota Padang Ikuti Peringatan 1 Muharram 1446 H

Jumat, 26 Juli 2024 21:58 WIB
  • Share this on:

Padang, humas -- Tabligh Akbar peringatan tahun baru Islam 1446 H yang digelar MAN 2 Kota Padang di Masjid Ikhwanusafa, Jum'at, (26/07/2024) pagi diikuti ribuan warga madrasah setempat.

"Ada sekitar 1.500 an siswa kita ikut peringatan 1 Muharram 1446 Hijriah," kata Yuliasman Pelaksana Harian (Plh) Kepala MAN 2 Kota Padang.

Yuliasman menyampaikan bahwa peringatan 1 Muharram sudah menjadi kegiatan tahunan di madrasah ini. Dia mengajak siswa untuk mengikuti rangkaian kegiatan secara tertib dari awal hingga akhir.

Selain itu, Yuliasman juga mengajak warga madrasah untuk menjadikan peringatan 1 Muharram sebagai momentum untuk melakukan evaluasi diri untuk lebih baik kedepannya. 

Ustadz Dr. Romi Yilhas, SS, M.A memaparkan beda pergantian tahun Islam dengan Masehi. Pergantian tahun baru Islam terjadi sore hari jelang sholat magrib, sementara tahun masehi jam 12 malam.

Kata Romi Yilhas, tahun baru Hijriah menjadi salah satu tanggal yang dirayakan umat Islam pada setiap tahun. Bagi umat Islam, bulan Muharram salah satu dari empat bulan suci dalam Islam.

Menurut dia, hari pertama bulan Muharram mengingatkan umat Islam pada hijrah Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah. Sebagai bulan yang suci, bulan Muharram menjadi waktu terbaik untuk memperbanyak ibadah dan memperkuat ikatan sosial.

"Sebagai bentuk Hijrah pada masa kini, marilah kita Hijrah dengan cara melaksanakan shalat ke masjid. Masjid merupakan tempat seluruh umat, baik yang miskin, kaya, ganteng, cantik semuanya ada di masjid," pungkasnya. ArulDp 

Editor:
Wenny R
Penulis:
ArulDp